Kejari Batang Hari
kejari Batanghari

Kejaksaan Negeri Batang Hari Mengikuti In House Training (IHT) Yang Dilaksanakan Oleh Jaksa Agung Muda Pidana Khusus

Kamis, 03 Juni 2021 pukul 07.30 WIB bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Batang Hari. Kepala Kejaksaan Negeri Batang Hari Dedy Priyo Handoyo, S.H. dan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Bambang Harmoko, S.H., M.H beserta jajaran mengikuti In House Training (IHT) yang dilaksanakan secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) ALI MUKARTONO, S.H., M.H yang diikuti oleh Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri dan Cabang Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia dengan mengusung tema “Memahami Secara Komprehensif Delik Pencucian Uang dan Teknik Pembuktiannya”

Dalam sambutannya, JAMPIDSUS menyampaikan bahwa berdasarkan surat Jaksa Agung No. B-355/A/SKJA/10/2020 tanggal 20 Oktober 2020 perihal peningkatan penerapan pasal TPPU dalam penanganan kasus/perkara berkaitan dengan kejahatan finansial, yang pada pokoknya menindaklanjuti hasil pertemuan Jaksa Agung R.I dengan Kepala PPATK R.I, dalam rangka posisi indonesia di mata dunia dalam hal ketaatan dan kepatuhan (complience) atas standart dalam pencegahan dan pemberantasan pencucian uang dan upaya meningkatkan ekonomi makro yang berdaya saing, serta dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Kejaksaan R.I, maka dari itu Jaksa Agung memerintahkan kepada seluruh jajaran Kejati dan Kejari untuk:

  1. Menerapkan ketentuan TPPU dalam penanganan perkara yang tindak pidana asalnya berkaitan dengan kejahatan finansial seperti tindak pidana  korupsi, tindak pidana kehutanan, tindak pidana lingkungan hidup, tindak pidana perbankan, tindak pidana terorisme dan tindak pidana lainnya.
  2. Memedomani pedoman dan petunjuk teknis serta memperhatikan prinsip-prinsip dan ketentuan dalam UU untuk menerapkan pasal sangkaan TPPU.
  3. Menjalin koordinasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak khususnya penyidik tindak pidana asal (predicate crime) dalam upaya mengoptimalkan pemberantasan TPPU.

Dalam hal ini, Kepala Kejaksaan Negeri Batang Hari Dedy Priyo Handoyo S.H didampingi Kepala Seksi Intelijen Huda Hazamal, S.H., M.H saat diwawancarai menjelaskan bahwa kegiatan In House Training ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pada jajaran bidang tindak pidana khusus seluruh indonesia secara merata.

“Disamping itu, JAMPIDUS juga menyampaikan diakhir sambutannya, untuk merenungi ungkapan “success is a journey, not a destination” atau “kesuksesan adalah sebuah perjalanan, bukan suatu tujuan”.  untuk itu, lakukan saja upaya maksimal dalam pemberantasan tindak pidana pencucian uang, tidaklah perlu melihat hasil yang akan dicapai, tapi sungguh-sungguhlah dalam melakukan proses pemberantasan Korupsi dan TPPU. hadapi tantangan-tantangan yang ada dengan segenap kemampuan yang kita miliki. niscaya keberhasilan itu akan kita dapatkan. Pidsus cerdas pasti bisa, cerdas dalam bertindak, bisa meraih sukses.” Pungkasnya

Related posts

Putusan Persidangan Tindak Pidana Korupsi atas nama Terdakwa Emmy Binti Safi’i Dalam Perkara Penyalah Gunaan Uang Klaim Asuransi Usaha Tani Padi Tahun 2019

Kejaksaan Negeri Batang Hari Melaksanakan In House Training Bersama Bank BRI Untuk Meningkatkan Standar Pelayanan Publik

Dialog Interaktif Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi

adminKNBatanghari