Kejari Batang Hari
Kejaksaan Agung kejari Batanghari Kejati Jambi

Kejaksaan Negeri Batang Hari Menghadiri Rapat Penetapan Status Siaga Karhutla Kab.Batanghari tahun 2021

Sehubungan dengan telah ditetapkannya status siaga karhutla pada tanggal 5 Juli 2021 sampai dengan 5 Oktober 2021 Pemerintah Kabupaten Batang Hari melaksanakan rapat pencegahan dan penanganan karhutla pada hari Senin tanggal 05 Juli 2021 pukul 10.00 WIB bertempat di ruang kerja sekretaris daerah Kab.Batanghari Kepala Kejaksaan Negeri Batang Hari diwakili oleh Tim Intelijen menghadiri rapat penetapan status siaga dalam rangka pencegahan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tahun 2021,  rapat dipimpin oleh Asisten II Setda Batanghari M.Rifai yang dihadiri oleh :

1.Kabagops Polres Batanghari Kompol A.Roni
2. Kejaksaan Negeri Batanghari Hari Anggara SH
3. Mewakili Pabung Batanghari Letda Inf.Gunawan
4. BPBD Batanghari Yaya Mulya
5. Wakil Ketua DPRD Batanghari M.Jafar

Dalam rapat tersebut Asisten 2 Setda Kabupaten Batang Hari menyampaikan :

1. Terhitung mulai tanggal 5 Juli 2021 s/d 5 Oktober 2021 kita sudah masuk dalam siaga Karhutla masalah kebakaran sangat jadi perhatian pemerintah dalam pencegahan kebakaran Babinsa dan babinkantibmas sudah bekerja mendeteksi secara dini letak titik api.

2. Ada beberapa perusahaan yang sudah mempersiapkan diri masalah karhutla tapi perlu kita optimalisasikan diharapakan perusahaan lain bisa menjadi contoh yang lain sebagai pencegahan.

Dalam rapat tersebut perwakilan Kejaksaan Negeri Batang Hari menyampaikan “pada prinsip nya Kajari Batang Hari mendukung penetapan status siaga karhutla, kemudian perlu adanya pembahasan yang fokus pada anggaran terkait¬† pencegahan dan penanggulangan karhutla, karena diperkirakan akan ada recofusing anggaran lagi, selanjutnya diharapkan kepada BPBD untuk membuat sistem pelaporan karhutla yang terintegrasi dengan melibatkan masyarakat untuk membuka call centre dan pelaporan melalu media elektronik untuk mempermudah dan mempercepat arus informasi”

Penjelasan dari BPBD Batanghari Yaya Mulya sbb :

1. Penetapan Siaga karhutla menjadi tanggap atau penanggulangan diharapkan para peserta rapat menyetujui status Siaga ( Karhutla ) kalau titik hotspot terdeteksi oleh satelit tapi kalau api tidak bisa terlihat oleh satelit.

2. Daerah rawan kebakaran adalah dilahan gambut seperti Muaro Jambi Tebo Tanjabtim dan Tanjab Barat untuk Batanghari mayoritas lahan mineral jadi lebih mudah untuk pemadaman.

Rapat penetapan status siaga karhutla diharapkan dapat meningkatkan pengawasan dan pengendalian kebakaran hutan serta lahan di kabupaten batang hari.

 

 

 

Related posts

Penguatan Pengawasan

KEJARI BATANGHARI LAKUKAN KEGIATAN KOMUNIKASI ,INFORMASI DAN EDUKASI ( KIE ) BERSAMA SATGAS COVID- 19 KABUPATEN BATANGHARI.

Penataan Manajemen SDM